Iklan

Saturday, April 20, 2013

Fabrikasi Anjungan Lepas Pantai (Offshore Platform)

Struktur anjungan lepas pantai dibangun di sebuah lapangan fabrikasi yang umumnya berlokasi di sekitar daerah pantai. Tidak jarang jarak antara tempat fabrikasi dan lokasi akhirnya (tempat beroperasinya), sangatlah jauh, dapat berupa lintas negara maupun lintas benua. Ambil contoh anjungan TLP West Seno. Struktur utamanya (bagian kolom dan ponton) dibangun di perusahaan Hyundai Heavy Industry, Korea Selatan, sedangkan lokasi operasinya terdapat di Selat Makasar, Indonesia. 

Teknik pembangunan struktur utama anjungan lepas pantai dilakukan berdasarkan modul-modul. Secara garis besar biasanya terbagi atas modul struktur utama anjungan dan modul bagian bangunan atas (topside). Khusus untuk jenis struktur semi terapung (TLP, SPAR, FPSO dan lain-lain), masih terdapat modul atau sub-struktur lainnya berupa bagian struktur sistem tambatnya. Tiap-tiap modul tersebut masih dapat terbagi lagi menjadi beberapa sub-modul, tergantung dari dimensi modul dan kapasitas peralatan pembangunan yang ada. Dalam pekerjaan ini diperlukan derek-derek (crane) darat dengan kapasitas besar.

Di Indonesia banyak fabrikator yang dapat membangun anjungan lepas pantai seperti McDermott, Gunanusa Utama Fabricator, Bakrie Constructions, SMOE Batam, Nippon Steel Batam, Bintan Offshore, Komaritim, Kali Raya Sari, Meindo Elang Indah, Profab, Astina Putra Ekaperkasa, PAL Indonesia dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment